13 Januari 2010

Cara Membuat Kartu "Magic Number Prediction"



Sudah sering lihat kan sulap Menebak Angka yang ada di toko sulap. Dimana pesulap menyodorkan sejumlah kartu, dan penonton memberitahu ada dikartu mana saja angkanya berada. Secara ajaib pesulap bisa menebak angka pilihan penonton hanya dengan kartu-kartu tersebut.

Sulap ini sangat klasik dan masih banyak dimainkan. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara memainkan trik ini maupun rahasianya, saya anggap sudah tau semua. Kecuali kalau ada request. Nanti saya tambahkan. Yang ingin saya jelaskan adalah cara membuat kartunya. Permainan ini sangat sederhana, namun dibelakang semua itu tidaklah sesederhana yang terlihat.

Untuk bisa membuat kartunya, kita harus tahu terlebih dahulu angka mana masuk ke kartu yang mana. Setiap angka yang dimasukkan ke dalam kartu harus melalui perhitungan khusus. Tidak bisa dimasukkan secara sembarang.
Lalu bagaimana perhitungannya? Baca penjelasan berikut

Untuk memasukkan setiap angka ke dalam kartu, kita menggunakan perhitungan basis. Mengubah angka dari basis 10 ke basis 2 (biner). Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mengubahnya. Saya anggap kalian semua sudah paham, karena ini adalah pelajaran SMP.

Saya ambil contoh angka terbesar yang bisa digunakan dalam sulap kartu ini adalah 20. Maka kita harus menyiapkan terlebih dahulu angka 1 s.d. 20 (Kolom A). Ubah semua angka tersebut ke dalam bilangan biner seperti sebagai berikut (kolom B):




Dari sana kita dapat mengetahui bahwa digit bilangan biner terbesar adalah 5 digit. Yaitu pada bilangan 20 basis 10. Dengan demikian kita membutuhkan 5 buah kartu untuk bisa membuat kartu sulap ini. Lalu angka berapa saja yang akan kita masukkan? Lihat penjelasan berikutnya:

Samakan semua jumlah digit bilangan biner sesuai dengan jumlah digit terbesar menjadi 5 digit. Caranya dengan menambahkan nilai 0 didepan setiap angka binernya. Menjadi seperti dalam kolom C berikut:




Kemudian balik susunan Kolom C sehingga menjadi dibaca dari belakang seperti kolom D




Dari susunan angka di kolom D, kita dapat mengetahui angka mana yang masuk ke kartu mana. Caranya adalah dengan memisahkan setiap digitnya satu persatu. Sebagai contoh angka 11 memiliki bilangan biner 1011 (kolom B), setelah ditambahkan angka 0 didepannya menjadi 01011 (kolom C). Balik susunannya menjadi 11010 (kolom D). Kemudian pisahkan setiap digitnya menjadi:

Digit 1 --> 1
Digit 2 --> 1
Digit 3 --> 0
Digit 4 --> 1
Digit 5 --> 0

Digit satu adalah kartu 1, Digit 2 = Kartu 2, dst.
Digit yang bernilai 1 menandakan angka tersebut masuk ke kartu tersebut, sedangkan digit yang bernilai 0 menandakan angka tersebut tidak masuk kedalam kartu tersebut. Dengan demikian pada contoh ini, angka 11 masuk ke dalam Kartu 1, 2, dan 4. Cara serupa diterapkan pada angka lainnya.

Susun angka tersebut ke dalam kartu dengan susunan bilangan berurut dari nilai terkecil ke terbesar. Taruh nilai terkecil paling atas (nilai inilah yang akan kita jumlahkan pada saat permainan nantinya).

Jika mengikuti langkah diatas, maka akan didapat susunan kartu sebagai berikut:




Kartu pun dapat digunakan untuk bermain sulap. Untuk membuat angka lebih dari dua puluh, tinggal tambahkan saja terus angka basis 10 nya sesuai dengan yang diinginkan. Semakin banyak angka yang ingin dimasukkan, maka semakin banyak jumlah kartu yang dibutuhkan.

0 komentar:

Search