8 Januari 2010

Knights Tour

Banyak dari kita masih suka bertanya, adakah hubungan yang sejalan antara Matematika dan Catur?. Apakah seseorang yang jenius Matematika akan juga menyukai permainan catur dan handal bermain catur. Ataukah juga seseorang yang padai, suka, atau jenius bermain catur akan pandai dalam bidang Matematika?.

Catur dan Matematika sungguh berbeda, walaupun kedua bidang ini cukup mengandalkan kemampuan otak dalam melakukan perhitungan dengan cepat, tepat, dan akurat. Tetapi kemampuan menghitung manusia sangatlah terbatas, tetapi tidak dengan kemampuan kretivitas manusia. Kreativitas manusia jauh lebih dahsyat dari pada kemampuan menghitung atau mengingat.

Apa itu kreativitas?. Saya menyebutnya berdasarkan pengalaman bahwa kreativitas adalah sentuhan hati, atau great feeling. Jika anda suka mengotak-atik program catur, akan ditemukan adakalanya sebuah komputer dengan kemampuan mega pentium tidak mampu menyelesaikan problem yang kita berikan, tetapi ketika ditanyakan pada anak usia 9 tahun yang baru belajar bermain catur dia akan menyelesaikannya dengan tepat.

Tetapi mengapa program komputer catur selalu dapat mengalahkan manusia terhebat dalam permainan ini. Jawabannya adalah STABILITAS. Manusia tidak stabil dan penuh perasaan, kadang senang, kadang sedih, kadang benar, kadang salah, kadang jenius, kadang idiot. Jadi jangan salahkan diri anda jika tiba-tiba nampak jenius dan suatu hari kadang telmi he he.
knightstour071
Siapakah anak kecil di atas?.  Dia adalah Xaver Neuhausler, seorang bocah Jerman yang pada Tahun 2003 saat berusia 9 tahun tampil di televisi, dan melakukan atraksi Knight Magic Tour sambil kedua matanya ditutup, orang catur bilang blindfold atau blindchess. Apa itu Knight Magic Tour?, adalah Langkah Kuda yang dilakukan di atas papan catur sampai melewati semua kotak 64 petak dalam 63 langkah. Jadi tidak boleh melangkah ke petak yang sama sebanyak 2 kali, hanya boleh sekali saja. Knight Magic Tour ini kembali diperagakan oleh sang Maestro The Master Deddy Coubuzier duet bersama sang Juara nya Mr. Joe Sandy dalam Final Inaugurasi The Master.

Anak tersebut di atas bukanlah seorang pemain catur. Dan melakukan blindfold juga bukan hal yang aneh dalam dunia catur. Legenda Catur Argentina Miguel Nadjorf pernah bermain catur secara simultan dengan 45 orang pemain tanpa menggunakan kedua matanya, tanpa melihat buah dan papan catur lawan 45 pemain!!.

Dibawah ini adalah contoh Knight Magic Tour :

Coba Lihat Gambar (Permainan Deddy Corbuzier Dan Joe Sandy) tersebut
perjalannya Mulai Dari D7 Kembali Ke D7.
 Sesuatu Yang Aneh :
1. Joe Tidak Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Memulai, Begitu Juga Deddy.
2. Joe Tidak Membutuhkan Waktu yang Lama Untuk Menjawab Langkah berikutnya.
3. Joe Sandy Tidak Sama Sekali Gugup Untuk Menjawab.
4. Semua Langkah permainan Knight's Tour Adalah Langkah Hameltonian
Yang Membuat Lintasan Tertutup, Lintasan Tertutup Memiliki tujuan agar
Meniadakan Unsur kegagalan saat penonton Memilih Petak secara Acak.
Karena Petak Manapun Sesungguhnya Hasilnya akan sama, Karena Lintasan
Tertutup.

Dugaan Saya :
Joe dan Deddy Sudah Mengetahui Konsep Awal Permainan "Knight's Tour".
Sehingga Membuat Mereka Tidak Mendadak terkejut Untuk Memainkan
permainan Ini. Namun Lintasan Haruslah Hamelton Agar Bertujuan Titik
awal (D7) Kembali Ke Titik Akhir (D7). Sehingga Petak Yang Mereka
ambil tidak Jadi Masalah. Namun Sesungguhnya Lintasan Tertutup
Jumlahnya 13.267.364.410.532 Buah. Artinya Joe Sandy Dan Deddy
Corbuzier Bekerja Sama Untuk Menghasilkan Lintasan Tertutup. KalauMereka Tidak Bekerja Sama Maka Akan Menghasilkan Lintasan Terbuka.

0 komentar:

Search